Kamis, 01 Desember 2011

Persiapan dan implementasi

Tahap ini merupakan tahap persiapan dokumen dan program kerja serta pelaksanaan implementasinya. pada tahap ini ada beberapa elemen yang harus diperhatikan yaitu:
a. Kebijakan K3 dan dampak lingkungan dan kepemimpinannya yang di jabarkan dalam Manual OHSAS 18001 & ISO 14001
b. Organisasi
Pembentukan organisasi dimaksudkan agar tercipta suatu gambaran dan penjabaran kerja seluruh komponen organisasi dalam partisipasi dan hubungannya dalam pencapaian tujuan, pelaksanaan dan peningkatan proses dan Organisasi juga harus membuat mekanisme komunikasi, partisipasi dan konsultasi pada setiap pihak yang terkait dengan pelaksanaan K3 dan dampak lingkungan
c. Legal complian yang menjadi titik tolak prosedur proses peraturan K3 dan dampak lingkungan di lingkungan kerja, yakni:
• Ijin Operasional Forklif
• Iji n Operasional Crane
• Ijin Operasional Genset
• Ijin Opersional Penangkal Petir
• Ijin Operasional Instalansi Listrik
• Ijin Opersional Bejana Tekan
• Ijin SIO Forklif
• Ijin SIO Crane
Berbagai Pengukuran sebagai indikator kesesuain K3 dan dampak lingkungan :
• Pengukuran ISSB
• Pengukuran Getaran
• Pengukuran Pencahayaan
• Pengukuran Kebisingan
• Pengukuran Kebauan
• Pengukuran emisi (cerobong, kendaraan)
• Tempat TPS LB3 & Ijin
• UKL/UPL/Amdal
• Pengukuran air
• Medical Chek Up
d. Tujuan dan target K3 dan dampak lingkungan ditetapkan untuk jangka pendek, menengah dan
jangka panjang, serta berkelanjutan, diterapkan dan dievalusi.
e.panduan sistim K3 dan dampak lingkungan berupa :
• SOP
• WI
• Flow Chart
• Form
• HIRADC
• dokumentasi,
f. pengendalian operasional , Setiap proses selalu melibatkan unsur: Personel, Peralatan, Material, Metode, Lingkungan kerja. Dari unsur-unsur tersebut di perlukan suatu pengendalian operasional yang mencakup pemantauan, persiapan,pembelian materi, pengaturan dan pengawasan agar setiap kegiatan proses memenuhi persyaratan K3 dan lingkungan.
g. pemeriksaan dan tindakan pencegahan investigasi dan tindakan perbaikan
Dari hasil pengendalian operasional maka aktivitas proses akan diketahui apakah sesuai atau tidak sesuai dengan syarat K3 dan dampak lingkungannya sehingga bila ditemukan ketidaksesuaian maka diperlukan prosedur dan tindakan untuk ini.

h. Tindakan darurat
Adalah kesiapan dan kesigapan organisasi dalam menghadapi keadaan bahaya akibat ketidak sesuaian dengan K3 dalam bentuk
• Pendirian Poliklinik
• Pembentukan P2 K3
• Team Emergency Respon
• Simulasi emergency
• Kotak P3K
• APAR/Hydrant

i. Pengendalian catatan audit dan tinjauan manajemen
Catatan dibuat dan pelihara untuk memperlihatkan kesesuaian dengan persyaratan sistim K3 dan dampak lingkungan dan capaian yang telah diperoleh serta kendala yang ada. Harus dibuat dikelola dengan syarat terlacak, teridentifikasi, dan terbaca
Tinjauan manajemen dilakukan untuk menjamin kesesuaian, kecukupan dan keefektifannya termasuk peningkatan dan perubahan sistim K3 dan dampak lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar